Jumat, 16 Mei 2014

Kehidupan remaja dan media sosial

Media sosial adalah media yang digunakan atau kumpulan aplikasi untuk bersosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online dan membolehkan para pengguna dengan mudah berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Sosial media (Sosmed) dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yaitu :
1. Social Networks adalah media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi seperti Facebook, myspace, dll)
2. Discuss adalah media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi seperti google talk, yahoo! Messenger, skype, phorum, dll.
3. Share adalah media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll seperti youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll
4. Publish adalah media yang disediakan untuk umum seperti wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg, dll
5.Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama seperti koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll
6. Livestream teknologi yang memungkinkan suatu file dapat segera dijalankan tanpa harus menunggu selesai didownload dan terus “mengalir” tanpa ada intrupsi. seperti socializr, froendsfreed, socialthings!, dll
7. Micro blog adalah bentuk dari blog multimedia yang memungkinkan penggunanya memposting konten multimedia seperti foto atau klip suara untuk dilihat orang lain seperti twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll.
Remaja Indonesia sangat identik dengan media social. Apa yang menyebabkan mereka selalu menggunakan media social?
Sebagian besar adalah media online atau yang paling sering digunakan adalah jejaring sosial . Remaja Indonesia bisa dikatakan paling banyak menggunakan media social di Indonesia.
Perkembangan media social di dunia dan di Indonesia sangatlah cepat. Media sosial sekarang juga sudah bertambah lagi beberapa situs yang sekarang sering digunakan remaja indonesia berupa: Facebook, Twitter, Yahoo Messanger, path, instagram dan Skype.
Facebook adalah media sosial yang paling sering digunakan remaja karena facebook adalah media sosial di dunia maya yang digunakan untuk mencari teman baru, teman lama dan lainnya. Terkadang remaja juga salah menggunakan facebook untuk melampiaskan kemarahan dengan cara menyindir orang yang tidak disukainya. Disetiap penggunaan media social pasti ada dampak positif dan negatif bagi kita yang menggunakannya.
Twitter adalah media sosial yang paling sering juga digunakan remaja. Di indonesia sudah tercatat dalam buka dunia yaitu negara yang hampir semua penduduknya adalah pengguna internet. Kebanyakkan para remaja mengunakan twitter adalah mengupdate status, kejadian yang terjadi pada mereka, kata – kata indah yang di buat, dan status palsu yang ingin dibuat.
Yahoo Messenger juga sering digunakan para remaja Indonesia untuk menambah teman di Indonesia maupun di dunia dengan cara chatting.
Path adalah media sosial yang baru-baru ini dikenali remaja dalam bentuk smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan.
Instagram adalah media sosial yang sekarang ini paling diminati remaja dengan cara berbagi foto mereka.
Skype adalah media sosial yang penggunanya dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
Dampak positif: Sebagai media informasi, menambah wawasan remaja, memperluas jaringan teman, dan masih banyak lagi. Dengan adanya media sosial kita dapat memperluas bidang keterampilan dan memperbanyak teman dari seluruh dunia karena media sosial dapat mencakup berbagai wilayah di dunia.
Dampak negatif: Pemborosan waktu dan akan menjadi seorang remaja menjadi lebih malas belajar karna kecanduan, kesehatan terganggu, kejahatan juga sering terjadi di dunia yang menyebabkan adanya kasus penculikan yang membuat seorang remaja jauh dari orang tua dan teman-temannya dan juga bisa merusak moral seperti dengan adanya pornografi yang dengan mudah bisa diakses oleh jutaan orang dan pembuatan status di jejaring sosial yang terkadang bahasa yang tidak layak digunakan sebagai seorang remaja. Hal ini sangat tidak baik bagi remaja
Jadi gunakanlah media sosial secara positif agar kita mendapatkan banyak manfaat bukan malah mendapat kerugian. Karna media sosial banyak manfaatnya jika kita gunakan secara baik. Jadilah remaja yang positif

0 komentar:

Husain Salampessy. Diberdayakan oleh Blogger.

Search